Akademi Refraksi Optisi Leprindo adalah salah satu perguruan tinggi yang pertama kali menyelenggarakan program pendidikan Refraksi Optisi di Indonesia. 16 Mei 1978 adalah awal berdirinya Yayasan Lembaga Pendidikan Refraksionis Optisien Indonesia. Yayasan ini kemudian mendirikan institusi yang bernama Institusi Refraksionis Optisien yang awalnya menyelenggarakan pendidikan Diploma 1.
Institusi Refraksionis Optisien merupakan bagian dari sistem nasional yang bertujuan untuk mewujudkan cita-cita mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa.
       Upaya untuk mencapai cita-cita itu ditempuh dengan merubah program jenjang pendidikan diploma 1 ke diploma 3 dan berubah nama menjadi Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta atau yang dikenal ARO Leprindo pada tahun 1986.
Dalam mendukung proses optimal belajar mengajar ARO Leprindo memiliki peralatan praktikum lengkap yaitu ruang laboratorium opthalmic, ruang praktikum klinik refraksi, ruang praktikum lensa kontak dan sarana pelayanan optikal yang dibimbing dengan dosen berpengalaman. terakriditasi oleh BAN-PT & LAM-PT
Hingga saat ini ARO leprindo telah meluluskan sebanyak 39 angkatan.